DETAIL DOCUMENT
SOSIALISASI PENGADUAN DARURAT MASYARAKAT MELALUI COMMAND CENTER 112 KOTA SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bhayangkara Surabaya
Author
RAHMAWATI, YENI IKA
Subject
J Communication 
Datestamp
2022-06-09 05:56:27 
Abstract :
ABSTRAK; Command Center 112 Kota Surabaya dikategorikan sebagai pelayanan terpadu satu pintu yang diselenggarakan dalam satu ruang kendali darurat disebut Command Center Room Kota Surabaya. Dinas-Dinas OPD yang berbeda disinergikan dalam satu ruangan untuk menerima laporan masyarakat dan memantau kondisi kota. Sektor tersebut diantaranya DP5A, DKRTH,DPUBM,LINMAS,SATPOL PP, DISHUB, DINSOS, PMK serta dibantu oleh Kepolisian. Dengan adanya nomor tanggap darurat 112 ini, masyarakat dapat melaporkan jika terjadi keadaan darurat atau bencana dan membutuhkan bantuan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Teori permulaan diri atau perkembangan diri manusia (Sosialisasi) George Herbert Mead. Namun, masih terdapat permasalahan pada masyarakat yang seringkali menggunakan layanan telepon tersebut tidak sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur). Hambatan yang terjadi yaitu mengenai upaya sosialisasi yang tidak menyeluruh kepada seluruh lapisan masyarakat sehingga masih banyak masyarakat yang kurang paham terhadap layanan tersebut Selain itu diperlukan sosialisasi kembali agar masyarakat mengetahui dengan benar bagaimana memanfaatkan layanan Command Center 112 Kota Surabaya. 

Institution Info

Universitas Bhayangkara Surabaya