DETAIL DOCUMENT
OPTIMALISASI PELAYANAN DALAM PEMBUATAN SERTIPIKAT TANAH DI KANTOR PERTANAHAN SIDOARJO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bhayangkara Surabaya
Author
AULIADIYANTI, KHOIRUNISA
Subject
J Communication 
Datestamp
2022-06-15 03:29:04 
Abstract :
ABSTRAK Pelayanan publik merupakan salah satu tugas utama pemerintah. Oleh karena itu, pemerintah harus memenuhi kebutuhan masyarakat semaksimal mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengurusan sertipikat tanah untuk pengabdian masyarakat Sidoarjo. Me miliki sertipikat tanah menjadi masalah bagi masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan de skriptif dan kualitatif, yaitu memberikan gambaran penjelasan keadaan sebenernya dari subjek secara objektif. Jenis yang digunakan meliputi data mentah yaitu wawancara, pengamatan langsung lokasi dan data dari buku,dokumen/catatan/laporan dan hokum terkait. Dengan masalah yang sedang dipelajari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pelayanan untuk pembuatan sertipikat tanah di Kantor Pertanahan Sidoarjo sudah optimal. Hal ini disebabkan implementasi dan indicator waktu pelayanan tepat untuk menyelesaikan layanan yang sudah di tentukan. 
Institution Info

Universitas Bhayangkara Surabaya