Abstract :
ABSTRAK
Kecurangan akademik adalah tindakan terencana yang telah disiapkan
mahasiswa untuk melanggar peraturan dengan segala cara untuk mendapatkan target yang diinginkan seperti menulis jawaban di kertas, mencari tahu soal ujian sebelumnya, dan membawa handphone. Kecurangan akademik mahasiswa terjadi karena terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kecurangan tersebut melalui dimensi fraud triangle (tekanan, peluang, dan rasionalisai). Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Akuntansi Universitas Bhayangkara Surabaya yang sedang atau telah penempuh mata kuliah pengaditan, dengan metode pengumpulan sampel non probability sampling. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tekanan dan peluang berpengaruh terhadap kecurangan akademik, sedangkan kesempatan tidak berpengaruh terhadap kecurangan akademik.