DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PERIZINAN PADA DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA PROVINSI JAWA TIMUR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bhayangkara Surabaya
Author
ANISAH, SONYA WIDYAGNES DELA
Subject
JF Political institutions (General) 
Datestamp
2022-08-04 03:06:02 
Abstract :
ABSTRAK; Peningkatan kualitas pelayanan merupakan suatu upaya untuk meningkatkan kualitas dan inovasi pelayanan publik pada masing-masing instansi pemerintah secara berkala sesuai kebutuhan dan harapan yang diinginkan oleh masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kualiats pelayanan serta agar mengetahui faktor pendorong dan faktor penghambat peningkatan kualitas pelayanan. Metode yang digunakan penelitian ini yaitu diskriptif kualitatif. Sumber informasi menggunakan purposive sampling dan accidental sampling. Data yang dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan penyajian data, reduksi data, dan menarik kesimpulan. Hasil yang diperoleh adalah dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Timur jika dilhat dari 5 dimensi kualitas ini sudah meningkatkan kualitas pelayanan, yaitu tersedianya pelayanan online, fasilitas yang memadai seperti kursi tunggu, proses pelayanan tergantung dengan layanan tersebut hingga memerlukan waktu dua hari atau dua bulan. Progam tersebut juga memiliki faktor pendukung sumber daya manusia yang berkompeten, kesadaran masyarakat akan mempermudah dalam hal segi administratif. Namun ada faktor penghambatnya saat melakukan pelayanan sumber daya manusia kurang teliti dan kuragnya komunikasi. 
Institution Info

Universitas Bhayangkara Surabaya