Abstract :
Semakin ketatnya tingkat persaingan dalam bisnis makanan restoran, menuntut pihak
pengusaha atau pemilik bisnis untuk lebih berupaya secara optimal dan semaksimal mungkin dalam
meningkatkan kualitas produk barang dan jasa yang dihasilkannya. Untuk memenangkan
persaingan tersebut dengan competitor lainnya, diperlukan penggabungan strategi pemasaran
(marketing) dengan aktifitas kehumasan (Public Relations) yang tepat. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisa strategi marketing Public Relations Se?i Sapiku dalam membangun brand image.
Rumah makan Se?i Sapiku merupakan salah satu pelopor daging asap di Indonesia yang
menggunakan ide sentuhan olahan daging dan mempertahankan cita rasa asli nusantara. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah analisis data deskriptif yaitu memberikan gambaran atau
deskripsi mengenai objek yang diteliti dalam penggunaan penelitian kualitatif. Strategi marketing
Public Relations yang digunakan Se?i Sapiku adalah Strategy Push, Strategy Pull, dan Strategy
Pass. Strategi ini dianggap strategi marketing yang efektif dalam mengembangkan bisnis guna
membangun Brand Image Se?i Sapiku. Strategy Push, Pull, dan Pass perlu digunakan untuk
mengembangkan bisnis atau memperluas pemasaran Se?i Sapiku yang dimana saat ini sedang marak
publikasi di dunia digital marketing dengan ketatnya persaingan dengan kompetitor lainnya.
Dengan menggunakan analisis AIDA dapat disimpulkan bahwa strategi marketing Public Relations
Se?i Sapiku berhasil dalam membangun Brand Image perusahaan.