Institusion
Universitas Bhayangkara Surabaya
Author
Dewi, Rosevita Nugrahanti
Subject
HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Datestamp
2023-01-12 03:00:47
Abstract :
Radio merupakan media massa yang dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sarana akan informasi dan komunikasi, perkembangan radio terlihat bertumbuh pesat. Hal ini ditandai dengan samakin banyaknya jumlah stasiun radio yang ada di Indonesia, persaingan industri penyiaran semakin ketat ditambah kemunculan media sosial yang kini sangat mempermudah masyarakat dalam memperoleh informasi dalam jangkauan luas. Sehubungan dengan hal tersebut maka radio harus menghadapi sebuah tantangan yang besar dimana eksistensi radio mualai terancam tergeser secara perlahan dengan kemunculan beragam platfom media berbasis online Penelitian ini menggunakan metde kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, obervasi serta dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah Radio Kota FM telah berupaya dengan menerapkan konvergensi media dengan menyediakan layanan radio streaming serta melakukan kolaboari denga beragam platform media sosial dapat memperluas jangkaunnya hingga mancanegara yakni Malaysia, Taiwan, Arab Saudi, Hongkong. Begitu pula dengan jasa pemasangan iklan dari produk lokal hingga nasional
sehingga hasil yang dicapai oleh Radio Kota FM yaitu meningkatnya jumlah pendengar dan jasa pemasangan iklan di tengah persaingan industri dan ditengah pandemi Covid-19
saat ini dapat berpengaruh terhadap sumber pendapat Radio Kota FM.