DETAIL DOCUMENT
AKTIVITAS KOMUNIKASI ORGANISASI PT PERMODALAN NASIONAL MADANI (PERSERO) CABANG WARU 2 DALAM MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL KARYAWAN MELALUI APLIKASI PNM DIGI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bhayangkara Surabaya
Author
AZIZUL, GITA NOER
Subject
HN Social history and conditions. Social problems. Social reform 
Datestamp
2023-01-18 04:13:36 
Abstract :
Melimpahnya sumber daya informasi yang disebabkan oleh kemajuan tekhnologi informasi dan internet pada era digital saat ini. Lahirnya perubahan besar yang terdapat dalam lahirnya komunitas berbasis pengetahuan digital ini memerlukan adanya kemampuan untuk memahami atau mengolah suatu informasi yang didapatkan melalui media berbasis digital atau disebut dengan literasi digital. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Metode penelitian deskriptif merupakan data yang dikumpulkan berupa gambar dan kata ? kata. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, terdapat rumusan masalah segala transaksi operasional perusahaan yang didasarkan dengan sistem manual ini membuat adanya kerentanan terhadap penyelewengan data oleh oknum dan sistem manajemen waktu yang kurang terkontrol. Oleh sebab itu, PT Permodalan Nasional Madani (Persero) meluncurkan sebuah kanal digital berbentuk aplikasi, yang saat ini diberi nama PNM Digi. Dengan adanya digitalisasi, dapat diharapkan untuk memberi akses kemudahan bagi karyawan dalam melakukan segala transaksi. Segala transaksi penginputan data dapat tercontrol dengan dari sistem sehingga dapat meminimalisir adanya penyelewengan data. PT Permodalan Nasional Madani (Persero) Cabang Waru 2 menggunakan sistem komunikasi vertical maupun komunikasi horizontal serta melakukan sosialisasi dan pelatihan sebagai bentuk aktivitas komunikasi organisasi untuk meningkatkan literasi digital karyawan. 
Institution Info

Universitas Bhayangkara Surabaya