Abstract :
Strategi konvergensi @gen1031fmsby melalui media sosial tiktok dalam
mempertahankan media konvensional dan untuk menghadapi persaingan indutri media radio
dengan memanfaatkan teknologi baru yaitu internet. Munculnya internet di era digitalisai
membuat media penyiaran radio harus beradaptasi untuk tetap eksis, karena masyarakat mulai
meninggalkan media konvensional dan menggunakan satu perangkat untuk dua kegiatan dalam
satu waktu misalnya mengakses internet dan mendengarkan radio. Fenomena ini membuat salah
satu radio konvensional mulai kehilangan pendengarnya, untuk bertahan hidup, mengcover
semua pendengar, serta bersaing dengan industri media penyiaran lainnya di era digitalisai. Salah
satu yang dilakukan radio ini adalah memanfaatkan teknologi baru yaitu media sosial tiktok
dengan melakukan mediamorfosis dari radio analog ke digital dengan bentuk konvergensi media.
Konvergensi media yang dilakukan radio gen 103.1 Fm adalah menggabungkan media sosial
tiktok dengan radio dalam satu platform yaitu media sosial.
Metode penelitian kualitatif bertujuan untuk memahami objek yang diteliti secara
mendalam dan mengembangkan konsep kepekaan terhadap suatu permasalahan, memperjelas
realitas yang berkaitan dengan teori dasar dan mengembangkan pemahaman terhadap satu atau
lebih peristiwa yang terjadi. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan beberapa
cara diantranya: wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan yang diterapkan di @gen1031fmsby
efektif bagi peminat pendengar radio, kerena dalam penerapan strategi konvergensi media
konvergensi seperti perubahan media analog ke digital, penggabungan media konvensional
dengan media baru berjalan dengan baik. Radio gen 103.1 Fm tetap bisa bertahan di era
digitalisasi dalam memanfaatkan media sosial tiktok agar lebih dekat dengan pendengarnya
dengan strategi konvergensi media sosial tiktok. Media tersebut digunakan untuk
mempromosikan program-program acara di radio gen 103.1 Fm, menambah jangkauan siaran
untuk mengcover pendengar yang berada diluar siaran analog, mengajak pendengar untuk lebih
aktif saat siaran on air di berbagai fitur media sosial salah satunya media sosial tiktok seperti live
tiktok dan memberikan konten koten yang menarik agar menjadi konten fyp, sebagai media
sosial tiktok di era digitalisasi dengan memposting vidio lucu dan beberapa cerita cerita seru
media sosial tiktok.