DETAIL DOCUMENT
STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF HUMAS WISATA BAHARI LAMONGAN UNTUK MENARIK MINAT WISATAWAN MELALUI INSTAGRAM @WISATABAHARILAMONGAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bhayangkara Surabaya
Author
VAN MERDIE, CINDY AMANDA CLAUDIA
Subject
Social & Political Sciences 
Datestamp
2023-01-30 04:14:47 
Abstract :
Komunikasi persuasif merupakan salah satu kajian komunikasi yang sering digunakan untuk mempengaruhi orang lain dalam berbagai hal terhadap apa yang akan ditawarkan. Penyebaran wabah Covid-19 memberikan dampak pada hampir seluruh sektor kehidupan di Indonesia. Salah satu sektor yang mengalami dampak paling drastis dari adanya pandemi ini selain sektor ekonomi dan kesehatan adalah industri pariwisata. Wisata Bahari Lamongan merupakan salah satu tempat wisata yang terkena dampak dari pandemi tersebut. Saat ini dari pihak Wisata Bahari Lamongan sedang gencar-gencarnya melakukan berbagai promosi guna menarik wisatawan agar berkunjung kesana. Untuk itu perlu disediakan media informasi wisata yang mudah diakses dan ditemukan di mesin pencari oleh para calon wisatawan. Salah satu media sosial yang dapat dimanfaatkan yakni Instagram. Hal tersebut sudah diterapkan oleh Humas Wisata Bahari Lamongan yang memiliki akun dengan nama @wisatabaharilamongan. Wisata Bahari Lamongan berfokus pada kegiatan komunikasi persuasif wisata secara online dengan memanfaatkan Instagram. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dimana teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Humas Wisata Bahari Lamongan dan akun instagram @wisatabaharilamongan. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik ganjaran dan tataan. Strategi komunikasi persuasif yang diterapkan oleh humas Wisata Bahari Lamongan dalam menarik minat wisatawan melalui instagram @wisatabaharilamongan adalah dengan mengunggulkan beberapa fasilitas yang ada, memberikan adanya promo untuk tiket masuk, giveaway, serta special show pada musim-musim libur. Dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa terjadi feedback peningkatan penjualan sekitar 40%-50%, hal tersebut dapat menjadi acuan bahwa komunikasi persuasif yang dijalankan berhasil. 
Institution Info

Universitas Bhayangkara Surabaya