DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI E-BUPOT DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPATUHAN DAN KREDIBILITAS PERUSAHAAN JASA DI SURABAYA TERHADAP CUSTOMER. DIMAS MARDIANTO FACHTONI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bhayangkara Surabaya
Author
FACHTONI, DIMAS MARDIANTO
Subject
Accounting 
Datestamp
2023-03-30 03:30:49 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Ebupot dalam upaya meningkatkan kepatuhan dan kredibilitas perusahaan terhadap customer. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan ABC yang mendapati adanya dilematis persoalan yakni kepatuhan customer dalam pemotongan pajak PPh Pasal 23 dan kredibilitas perusahaan terhadap customer. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data diantaranya observasi, waancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa implementasi Ebupot dalam meningkatkan kepatuhan terkait Pajak PPh pasal 23 dilakukan menggunakan prinsip self assessment. Sesuai dengan prinsip tersebut sehingga perusahaan dalam implementasinya sebagai berikut sosialisasi kebijakan baru perusahaan kepada cutomer, pemantauan input pajak yang dilakukan customer, dan optimalisasi median elektronik email sebagai pemberitahuan jika customer mengalami keterlambatan dari jatuh tempo pembayaran pajak PPh 23. Sedangkan terkait dengan kredibilitas perusahaan memberikan toleransi dan himbauan karena prinsip pemotongan dan pelaporan pajak PPh pasal 23 merupakan self assessment dari customer. 
Institution Info

Universitas Bhayangkara Surabaya