DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT MENGGUNAKAN METODE ANALISIS SWOT DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN DI PT. MADUSARI MAS SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bhayangkara Surabaya
Author
Kelana, Amalia Dwi Pratiwi
Subject
Management 
Datestamp
2021-09-30 03:20:01 
Abstract :
Di era globaliasasi ini, persaingan antar perusahaan semakin meningkat sehingga para pelaku pemasar di tuntut untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan.Customer Relationship Management merupakan faktor yang sangat penting dalam sebuah pemasaran khususnya dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi Customer Relationship Management di PT. Madusari Mas Surabaya dalam upaya meningkatkan loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendeketan kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, observasi dan dokumentasi. Populasi dari penelitian ini adalah karyawan dan pelanggan dari PT. Madusari Mas Surabaya dengan lima orang menjadi sampel dengan metode Purposive Sampling. Metode analisis data yang di gunakan ialah metode Analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sejauh ini implementasi dari Customer Relationship Management telah berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Hal tersebut di tunjukan melalui diagram SWOT dimana perusahaan saat ini berada di posisi kuadran I yaitu tetap mempertahankan kualitas pelayanan yang ada dengan strategi agresif. Melalui analisis matrik internal dan eksternal perusahaan berada pada kondisi growth dan stability dimana perusahaan tetap harus menjaga hubungan dengan baik dengan pelanggan. 

Institution Info

Universitas Bhayangkara Surabaya