Abstract :
IndiHome adalah kependekan dari Indonesia Digital Home, yaitu layanan bundling dari produk-produk Telkom
Group sebagai solusi yang mendukung digital lifestyle dalam sebuah rumah tangga. Dimana layanan telepon
rumah yang dimaksud dalam IndiHome meliputi layanan telepon rumah eksisting yang selama ini telah dipakai
oleh para pelanggan. PT Telkom Kota Surakarta mempromosikan layanan hanya melalui brosur dan tidak ada
penjelasan rinciannya. Pada brosur hanya tertera nominal, kecepatan akses, dan layanan televisi. Brosur tidak
menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh konsumen serta tidak ada rekomendasi layanan sesuai budget
yang dimiliki konsumen. Untuk itu perlu dibangun sistem rekomendasi yang menguraikan masalah yang
mendasar terhadap pemilihan paket indihome dengan mempertimbangkan suatu kriteria, bobot dan
perbandingan agar mendapat hasil yang tepat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu knowledge based.. Data yang diperlukan penulis selama
penelitian, diperoleh dengan beberapa metode, antara lain: wawancara, observasi dan studi pustaka. Data yang
diperoleh dianalisis menggunakan metode Recall Precision dan digambarkan dengan menggunakan metode
UML (Unified Modelling Language) kemudian dikembangkan dengan metode Waterfall.
Hasil akhir dari penelitian ini adalah berupa Sistem Rekomendasi yang membantu pengguna/pengunjung
dalam memilih paket indihmome. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pengunjung maupun
pengguna. Pengujian yang digunakan dalam penelitian yaitu metode blackbox testing dan user acceptance test.