DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI, DAN KUALITAS LAYANAN PADA SISTEM ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DI PT. SRI REJEKI ISMAN TBK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Duta Bangsa
Author
RIFA'I, FIQIH DWI
Subject
T Technology (General) 
Datestamp
2024-03-06 01:58:15 
Abstract :
ERP merupakan suatu sistem terintegrasi yang menyederhanakan proses bisnis suatu organisasi menjadi lebih efisien dan efektif. Penggunaan ERP dilengkapi dengan perangkat keras dan perangkat lunak untuk menggabungkan data informasi di setiap area proses bisnis untuk mengambil keputusan dengan cepat, karena sistem ERP menyediakan analisis serta pelaporan keuangan, laporan penjualan, laporan produksi dan inventaris yang tepat waktu. Kendala dari penggunaan sistem ERP adalah beberapa pengguna yang masih memiliki keterbatasan pengetahuan mengenai sistem ERP, selain itu adanya perubahan atau pembaharuan dalam sistem yang tidak disertai sosialisasi mengakibatkan adanya kebingungan bagi pengguna. Keberhasilan suatu sistem berkaitan dengan kegunaan sistem tersebut dan kemudahan yang didapat oleh pengguna hingga memberikan kepuasan bagi penggunanya. Kepuasan pengguna mencerminkan tingkat kepercayaan pengguna terhadap sistem informasi yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan informasinya. Kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna pada sistem ERP. Semakin tinggi Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan maka semakin tinggi kepuasan pengguna sistem Enterprise Resource Planning (ERP). Hasil pada penelitian ini diambil sebanyak 17persen dari 486 jumlah karyawan PT. Sri Rejeki Isman Tbk dan diperoleh sampel 83 karyawan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang kemudian disebar kepada 83 karyawan menyatakan bahwa hasil analisis dari pengolahan data penelitian diketahui bahwa Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan pada sistem Enterprise Resource Planning ( ERP ) memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna. 
Institution Info

Universitas Duta Bangsa