DETAIL DOCUMENT
Penerapan electronic customer relationship management (E-CRM) berbasis web pada PO. HARYANTO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Duta Bangsa
Author
PRADANA, Agid Surya
Subject
T Technology (General) 
Datestamp
2020-06-22 04:19:19 
Abstract :
ABSTRAK PENERAPAN ELECTRONIC-CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) BERBASIS WEB PADA PO.HARYANTO Agid Surya Pradana 150101008 PO.Haryanto adalah perusahaan yang bergerak pada bidang jasa transportasi terutama transportasi darat yaitu bus antar kota antar provinsi yang memiliki kantor pusat di Kudus. Namun seiring berjalannya waktu akhirnya PO.Haryanto ini membuka kantor cabang divisi solo mengingat solo merupakan bagian tengah dari semua keberangkatan busnya. Untuk pemesanan tiketnya sendiri pada saat ini yang berjalan pada perusahaan ini masih manual yaitu dengan cara konsumen datang ke agen untuk melakukan pemesanan dan pembayaran tiket secara langsung di agen. Oleh karna itu cara manual ini dinilai kurang efektif dan efisien karna konsumen diharuskan datang ke agen. Berdasarkan hal tersebut maka dengan pembuatan e-ticketing dan juga menerapkan customer relationship management (CRM) di harapkan dapat menigkatkan jumlah konsumen perusahaan ini Dalam penelitian ini menggunakan analisis kelemahan sistem PIECES untuk metode prototype dengan permodelan data UML serta diuji dengan menggunakan metode pengujian blackbox. Pembuatan sistem ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan kombinasi MYSQL sebagai database Hasil dari penelitian ini adalah dengan adanya website e-customer relationship management pada PO.Haryanto yang dapat memudahkan konsumen dalam melakukan pembelian ticket secara online yang lebih efisien dan efektif, manfaat lainnya untuk admin dalam mengelola transaksi, pengarsipan data, dan transaksi pembayaran. Kata Kunci: E-CRM, Prototype, Perusahaan Otobus, PHP 
Institution Info

Universitas Duta Bangsa