DETAIL DOCUMENT
SISTEM INFORMASI PELAYANAN PELANGGAN BERBASIS WEB PADA PDAM BANYUTOWO DESA KERON LOR WONOGIRI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Duta Bangsa
Author
AJI, Saddam
Subject
T Technology (General) 
Datestamp
2021-08-03 07:31:41 
Abstract :
PDAM Banyutowo adalah Perusahaan Daerah Air Minum milik Desa Keron Lor Wonogiri yang dibangun oleh warga Keron Lor secara swadaya pada tahun 2016 dan dikelola secara mandiri. Dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan , petugas PDAM Banyutowo memberikan informasi tagihan dengan mendatangi dari rumah ke rumah pelanggan terdaftar sebulan sekali.PDAM Banyutowo juga menyediakan kotak saran pada masing masing rumah untuk menampung keluhan pelanggan. Dan pengecekan jalur instalasi pipa dilakukan oleh petugas 3 bulan sekali. Dengan adanya Sistem Informasi Pelayanan Pelanggan Berbasis Web pada PDAM Banyutowo Desa Keron Lor Wonogiri , pelanggan dapat menyampaikan keluhan secara online melalui website tersebut. Metode analisis dalam penelitian yang digunakan adalah PIECES untuk menganalisis sistem yang berjalan dan yang akan dikembangkan. Serta, model perancangannya menggunakan flowchart dan Data Flow Diagram (DFD). Sistem akan dikembangkan dengan metode RAD. Menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai pengolah basis datanya.Pengujian sistem ini menggunakan dua jenis pengujian diantaranya black box dan white box (menggunakan kuesioner). Hasil dari pengujian sistem ini adalah aplikasi dapat berjalan dengan baik dan hasil penelitian ini membantu pelanggan PDAM Banyutowo Desa Keron Lor Wonogiri dalam menyampaikan keluhannya. Kata Kunci : Sistem , Pengaduan , Air , Website , PIECES. 
Institution Info

Universitas Duta Bangsa