DETAIL DOCUMENT
STUDI LITERATURE KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN DI UNIT GAWAT DARURAT
Total View This Week0
Institusion
Universitas Duta Bangsa
Author
WARDANI, ROHMAH RIZKI
Subject
R Medicine (General) 
Datestamp
2022-07-19 02:24:13 
Abstract :
ABSTRAK STUDI LITERATUR KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN DI UNIT GAWAT DARURAT Kepuasan pasien adalah respons evaluatif, afektif atau emosional yang terkait dengan mutu pelayanan yang diberikan rumah sakit serta harapan pasien terhadap pelayanan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi literature. Metode studi literatur adalah serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka., membaca dan mencatat, serta mengelola bahan penelitian. Penelitian ini menggambarkan kepuasan pasien gawat darurat berdasarkan dimensi service quality yaitu kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik. Populasi dalam penelitian ini yaitu jurnal mengenai kepuasan pasien terhadap pelayanan di unit gawat darurat. Sampelnya yaitu 5 jurnal yang berkaitan dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan di unit gawat darurat.Instrumen yang digunakan dalam penelitian iniadalah aplikasi google scholar. Pengolahan data meliputi pencarian dalam situs, collecting, screening, dan ekstrasi data.Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian dari 5 jurnal, didapatkan hasil presentase kepuasan pasien gawatdarurat berdasarkan dimensi kehandalan (reability) tertinggi sebesar 86% kepuasan pasien gawat darurat berdasarkan dimensi daya tanggap (responsiveness) tertinggi sebesar 86%. Kepuasan pasien gawat darurat berdasarkan dimensi jaminan (assurance) tertinggi 86%. Kepuasan pasien gawat darurat berdasarkan dimensi empati (empathy) tertinggi 89%. Kepuasan pasien gawat darurat berdasarkan dimensi bukti fisik (tangibls) tertinggi 86%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah berdasarkan lima jurnal, pelayanan kesehatan yang yang diberikan terhadap kepuasan pasien berdasarkan dimensi service quality sudah baik, hanya saja pada dimensi bukti fisik (tangibels) masih kurang sehingga mempengaruhi prosentase pasien puas saran penelitian ini diperlukan peningkatan pelayanan kelima dimensi service quality. 
Institution Info

Universitas Duta Bangsa