DETAIL DOCUMENT
Studi literatur pengaruh mutu service orientation terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit
Total View This Week0
Institusion
Universitas Duta Bangsa
Author
KHOTIMAH, ALVIANA KHUSNUL
Subject
R Medicine (General) 
Datestamp
2022-07-19 02:29:37 
Abstract :
ABSTRAK ALVIANA KHUSNUL KHOTIMAH Studi Literatur Tingkat Kepuasan Pasien Tempat Pendaftaran Rawat Jalan Terhadap Mutu Pelayanan Rumah Sakit Kepuasan pasien terhadap penilaian tingkat pelayanan kesehatan sangat dipengaruhi mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan, faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien, serta kelebihan dan kekurangan mutu pelayanan kesehatan. Jenis penelitian ini adalah studi literatur, pengumpulan data melalui website. Jenis penelitian deskriptif menggunakan analisis kualitatif dan deskriptif analitik. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 5 jurnal. Instrumen penelitian berupa aplikasi gogle scoolar. Pengolahan data dengan pencarian dalam situs, screening dan ekstraksi data berdasarkan kriteria inklusi. Hasil dari analisis kualitatif dan deskriptif analitik terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan yaitu review tingkatan kepuasan pasien 4 jurnal lengkap dan 1 tidak lengkap, review faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien ke 5 jurnal lengkap, review kelebihan dan kekurangan mutu pelayanan kesehatan ke 5 jurnal lengkap. Kesimpulan dari 5 jurnal berdasarkan review tingkatan kepuasan pasien, faktor pengaruh kepuasan pasien, dan review kelebihan dan kekurangan mutu pelayanan kesehatan diperoleh hasil tingkat kepuasan pasien tertinggi yaitu 93,3% dan tingkat kepuasan terendah yaitu 30,3% maka perlu adanya peningkatan mutu pelayanan kesehatan pada tenaga pelayanan kesehatan serta membuat prosedur dan SOP yang lebih terinci agar petugas kesehatan mampu melayani pasien secara maksimal agar pasien merasa puas terhadap pelayanan kesehatan. 
Institution Info

Universitas Duta Bangsa