Abstract :
CV. Zona Media merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang
jasa pemasangan kamera pemantau atau pengaman CCTV di area soloraya. Dalam
penerapan pemesanannya pelanggan terlebih dahulu datang ke perusahaan untuk
membuat orderan kemudian baru bisa dijadwalkan pemasangannya dan juga
pelanggan mengalami kesulitan untuk memilih paket CCTV yang sesuai dengan
kondisi lapangan yang akan dipasang CCTV. Sehingga diperlukan sebuah sistem
pendukung keputusan untuk menyesuaikan paket CCTV yang tepat untuk
pelanggan. Salah satu algoritma yang dapat diimplementasikan dalam sistem
pendukung keputusan adalah algoritma profile matching.
Algoritma profile matching adalah sebuah mekanisme pengambilan
keputusan dengan mengasumsikan bahwa terdapat tingkat variabel prediktor yang
ideal yang harus dipenuhi oleh subyek yang diteliti, bukannya tingkat minimal yang
harus dipenuhi atau dilewati, profile matching merupakan proses membandingkan
antara kualifikasi atau kebutuhan individu ke dalam spesifikasi alternatif yang dapat
diketahui perbedaan kompetensinya (disebut juga gap), semakin kecil gap yang
dihasilkan maka bobot nilainya semakin besar yang berarti memiliki peluang lebih
besar untuk individu dengan alternatif tersebut.
Dari tahap pengujian terhadap sistem yang dibangun, maka dapat
disimpulkan bahwa semua fungsi inplementasi telah berjalan baik dan sesuai
dengan perancangan sistem serta pada pengujian kelayakan telah menunjukkan
kelayakan penggunaan aplikasi terhadap pengguna sistem dengan nilai responden
setuju di atas 85%.