Abstract :
Kantor Pos Karanganyar merupakan salah satu perusahaan umum untuk
melayani penerimaan, pengumpulan, penyortiran, transmisi, pengantaran surat dan
paket pos yang berada di wilayah Kabupaten Karanganyar. Permasalahan yang ada di
Kantor Pos Karanganyar adalah proses monitoring administrasi kependudukan dan
pencatatan sipil yang sedang berjalan menggunakan microsoft excel. Untuk mengubah
status antaran masih membutuhkan waktu yang lama dan tidak update.
Dari studi kasus tersebut, maka penulis mencoba membangun E-monitoring layanan
administrasi kependudukan dan pencatatan sipil dengan menggunakan metode waterfall.
Tahapan pembuatan aplikasi meliputi analisa kebutuhan, proses desain, pembuatan kode
program, dan pengujian. Dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dibantu
dengan Framework CodeIgniter dan Template Adminlte.
Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi monitoring administrasi kependudukan dan
pencatatan sipil yaitu berbasis website. Aplikasi monitoring ini mempermudah admin
dalam mengelola penerima dan transaksi antaran. Kemudian oranger dapat mengelola
validasi antaran, retur dan syarat. Serta Capil dimudahkan untuk monitoring status
antaran yang sudah terupdate di Kantor Pos Karanganyar. Dari hasil pengujian black
box diperoleh bahwa aplikasi berhasil dan dapat berjalan sesuai yang diharapkan.