Abstract :
Media pembelajaran terutama untuk anak usia dini masih banyak yang
belum memanfaatkan teknologi yang berkembang seperti saat ini. Jika dapat
mengolah serta mengoptimalkan, maka dapat diprediksi anak-anak akan lebih
mudah dan cepat dalam menerima materi yang ada. Animasi tematik pembelajaran
mengacu pada penyampaian materi yang dibuat menyenangkan dan menarik,
mengingat bahwa anak usia dini lebih menyukai hal-hal baru.
Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode pengembangan
MDLC (Multimedia Development Life Cycle), yang terdiri dari 6 (enam) tahap
yaitu: Concept, Desain, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution.
Penelitian ini menghasilkan animasi tematik tanaman dan alam semesta untuk
pembelajaran anak usia dini, yang terdapat 2 (dua) pilihan sub-tematik yaitu
berhitung, menjodohkan objek, dan mencari jalan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa animasi tematik tanaman dan
alam semesta berjalan sesuai layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk
anak usia dini.