DETAIL DOCUMENT
RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PENGENALAN NAMA HEWAN DALAM 3 BAHASA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISWA SD DENGAN MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2.
Total View This Week0
Institusion
Universitas Duta Bangsa
Author
SANTOSA, HERMAWAN AJI
Subject
T Technology (General) 
Datestamp
2022-07-22 01:51:42 
Abstract :
Pembelajaran pada saat masa Pandemi Covid-19 sekarang ini masih berjalan, dengan diberlakukan pembelajaran daring melalui berbagai perantara media aplikasi yang telah ada untuk bertatap muka antara murid dengan guru. Setiap Sekolah Dasar pasti ada mata pelajaran yang mempelajari bahasa asing seperti Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Pada mata pelajaran bahasa asing ini umumnya membutuhkan daya ingat agar dapat mempermudah anak-anak dalam mempelajarinya, untuk itu dibutuhkan suatu media pembelajaran yang lebih menarik. Tujuan dalam penelitian ini membangun sebuah game edukasi untuk pengenalan Nama Hewan dalam 3 Bahasa. Pembuatan game edukasi ini menggunakan construct2, yaitu aplikasi khusus yang dirancang untuk pembuatan game. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan multimedia yaitu MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Nantinya aplikasi game edukasi ini berbasis android yang dapat dijalankan melalui smartphone. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan di SDIT Pelita Umat Tlobong, Delanggu aplikasi ini dapat membantu pembelajaran mengenai pengenalan Hewan dalam 3 Bahasa, yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan Bahasa Indonesia, dengan perolehan persentase pendapat rata-rata 75% Sangat Setuju mengenai pembuatan aplikasi game edukasi tersebut. 
Institution Info

Universitas Duta Bangsa