DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI ASSOCIATION RULE MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENGETAHUI POLA PEMBELIAN OLEH-OLEH
Total View This Week0
Institusion
Universitas Duta Bangsa
Author
NATASYA, AVIDKA FIDDIEN
Subject
T Technology (General) 
Datestamp
2022-07-22 03:04:53 
Abstract :
Toko Keripik Belut dan Keripik Paru Rasa Marem Pak Sudilam merupakan industri rumahan yang membuat oleh-oleh. Pemilik toko setiap harinya harus memenuhi kebutuhan konsumen dan dituntut untuk mengambil keputusan yang tepat dalam menentukan strategi penjualan. Untuk menganalisis kebiasaan pelanggan dapat digunakan analisis keranjang pasar (market basket analysis) yaitu suatu metode yang dapat digunakan untuk menganalisis perilaku pola belanja konsumen. Cara mengetahui oleh-oleh yang dibeli secara bersamaan, dapat digunakan association rule (aturan asosiasi), yaitu teknik data mining untuk menemukan aturan asosiatif suatu kombinasi item. Pencarian pola asosiasi berawal dari pengolahan data transaksi penjualan oleh-oleh, kemudian dicari hubungan antar oleh-oleh yang dibeli. Dengan algoritma apriori tersebut akan menghasilkan suatu pola kombinasi item dan rules sebagai ilmu pengetahuan dan informasi penting dari data transaksi penjualan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem waterfall dan perancangan pemodelan sistem UML (Unified Modelling Language). Aplikasi ini memiliki satu hak akses yaitu admin sebagai pengelola seluruh sistem dan pengolah data transaksi di Toko Keripik Belut dan Keripik Paru Rasa Marem Pak Sudilam. Aplikasi ini juga mencakup proses perhitungan Apriori untuk menganalisa hasil penjualan di Toko Keripik Belut dan Keripik Paru Rasa Marem Pak Sudilam. Pengujian sistem di RapidMiner dengan aplikasi yang telah dibuat sama-sama menghasilkan 16 rule asosiasi dengan minimum support 30% dan minimum confidence 20%. 
Institution Info

Universitas Duta Bangsa