Abstract :
Karanganyar yang dikenal sebagai bumi intanpari merupakan salah satu
kabupaten yang terkenal akan pariwisatanya. Berkembangnya objek wisata di
Karanganyar berawal karena banyaknya masyarakat yang menyampaikan opini dari
mulut ke mulut, bahkan di era globalisasi sekarang opini menjadi lebih mudah
disampaikan karena banyaknya media social salah sat unya twitter. Selama ini
pencarian opini masih dilakukan secara manual, dengan banyaknya unggahan opini
masyarakat cukup menyulitkan dan memakan waktu yang lama dalam memantau
unggahan opini, dengan adanya masalah tersebut penulis ingin membuat suatu
sistem analisis sentimen twitter.
Penelitian ini dilakukan menggunakan algoritma Naïve Bayes Classifier
dalam melakukan proses klasifikasi berdasarkan unggahan opini twitter terhadap
wisata di Karanganyar. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem yaitu
metode prototype. Terdapat analisa sistem menggunakan metode PIECES,
sementara itu penggambaran sistem menggunakan rich picture dan flowchart.
Hasil aplikasi analisis sentimen twitter terdiri dari dua halaman, yaitu
halaman beranda dan result. Sistem ini dapat memberikan sentimen tentang opini
masyarakat di twitter yang berkaitan dengan wisata Karanganyar. Hasil pengujian
model confusion matrix menunjukkan nilai presentasi 91.89%. Berdasarkan hasil
pengujian menunjukkan bahwa Naïve Bayes Classifier merupakan algoritma yang
akurat.