Abstract :
CV. Trimax Media merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penjualan
printer dan cartridge toner. Pelanggan yang berasal dari luar kota kesulitan dalam
mengetahui produk apa saja yang tersedia karena tidak bisa datang ke toko dan hanya
bisa memesan lewat telepon. Dalam melakukan komunikasi perusahaan untuk
mendapatkan informasi masih menggunakan telepon atau tatap muka langsung. Sehingga
memakan waktu lama dan kurang menjangkau pasar yang lebih luas.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan peneliti membaginya menjadi dua yaitu
untuk yang pertama adalah metode pengambilan data terdiri dari observasi, wawancara,
dan studi kepustakaan. Yang kedua adalah metode pengembangan sistem menggunakan
metode Waterfall, terdapat analisis kebutuhan dengan menggunakan analisis pieces,
dimana terdapat workflow sistem, use case diagram, activity diagram, class diagram dan
terakhir adalah testing yang menggunakan teknik pengujian black-box.
Hasil yang didapat dari pembuatan sistem informasi ini adalah mempermudah admin
dalam melakukan manajemen penjualan, serta memberikan kemudahan kepada
konsumen dalam mendapatkan informasi maupun dalam membeli produk yang dijual.
Dengan fitur notifikasi email invoice pembayaran yang dikirim ke customer, sebagai
pengingat agar customer tidak lupa untuk melakukan pembayaran.