Abstract :
Dalam upaya memacu perkembangan dan pertumbuhan pelaku usaha kecil
atau UMKM, Pengusaha memerlukan suatu cara atau metode tertentu untuk
meningkatkan penjualan mereka. Salah satu upaya yang dilakukan adalah
memanfaatkan media digital yang telah berkembang pesat penerapannya secara
online oleh banyak pelaku usaha.
Aplikasi marketplace bagi UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah)
merupakan aplikasi yang dapat digunakan sebagai sarana penjualan berbasis web
yang mampu membantu pengusaha UMKM untuk memasarkan produk miliknya
melalui website yang telah dibuat agar dapat menarik pembeli lebih banyak dan
dapat memaksimalkan penghasilan terhadap usaha mereka. Bakalrejo merupakan
desa yang mempunyai beberapa UMKM yang terdiri dari beberapa kategori usaha.
Salahsatunya adalah usaha dibidang makanan, kerajinan tangan, kebutuhan
rumahtangga dan pakaian. Dari beberapa pengusaha tersebut mencoba
memaksimalkan penjualannya melalui BUMDES ( badan usaha milik desa ). Akan
tetapi dari pihak BUMDES belum bisa memaksimalkan pengelolaannya. Salahsatu
kendala yang dialami adalah dalam hal pemasaran dan pengelolaan data pengusaha
UMKM beserta prdouk yang dijual.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan peneliti untuk membangun
aplikasi ada dua metode yaitu pengambilan data yang terdiri dari observasi,
wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Peneliti melakukan tahapan-tahapan
tersebut dengan cara datang langsung ke kator desa dan tempat pengusaha UMKM
Kemudian metode pengembangan sistem menggunakan RAD yang terdiri dari
rencana kebutuhan, proses desain sistem dan implementasi.
Hasil dari penelitian ini adalah menciptakan aplikasi E-Marketplace
UMKM berbasis web, sehingga memudahkan para pengusaha UMKM di desa
Bakalrejo dalam memasrakan produk yang dihasilkan melalui BUMDES. Aplikasi
ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman web programming seperti PHP,
HTML, CSS dan Javascript serta MySQL sebagai DBMSnya.