Abstract :
Bahasa Indonesia mendapatkan status sebagai bahasa yang bergengsi atau
prestisius, yang artinya bahasa tersebut digunakan oleh golongan strata sosial
menengah dan berpendidikan, sehingga dianggap sebagai bahasa kaum elit di
Indonesia. Akibatnya, bahasa Indonesia dianggap menggeser peranan bahasa daerah
sebagai bahasa ibu maupun bahasa dalam komunikasi maupun interaksi sosial baik di
lingkungan keluarga maupun masyarakat. Pembelajaran menggunakan multimedia
sendiri mencangkup banyak aspek mulai dari audio hingga gambar yang akan
memudahkan siswa untuk belajar. Untuk memudahkan dalam belajar tingkatan dalam
bahasa jawa aplikasi multimedia menjadi salah satu cara untuk agar siswa dapat
belajar dengan menyenangkan.
Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode pengembangan MDLC
(Multimedia Development Life Cycle), yang terdiri dari 6 tahap yaitu: Concept,
Desain, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Hasil dari
penelitian ini adalah aplikasi multimedia pembelajaran tingkatan bahasa jawa untuk
siswa SD. Terdiri dari dua pilihan menu yaitu belajar dan bermain.
Berdasarkan dari pembuatan aplikasi ini dapat disimpulkan bahwa aplikasi
multimedia ini mampu berjalan sesuai fungsinya dan layak digunakan untuk
membantu kegiatan pembelajaran khususnya untuk anak-anak.