DETAIL DOCUMENT
Sistem Informasi Penjualan Peralatan Listrik Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Menggunakan Metode CRM di CV Dropboks Solo
Total View This Week0
Institusion
Universitas Duta Bangsa
Author
PRASETYO, ILHAM BIBIT
Subject
T Technology (General) 
Datestamp
2022-07-25 02:24:07 
Abstract :
CV Dropboks merupakan perusahaan yang bergerak di bidang distributor peralatan listrik yang beralamat di Jl. RE Martadinata NO. 94, Sudiroprajan, Kec. Jebres, Kota Surakarta. CV Dropboks sebagai salah satu perusahaan distributor yang memiliki sejumlah pelanggan yang cukup banyak, mendapati kendala dalam hal tidak optimalnya layanan pemasaran dan transaksi perusahaan karena program yang berjalan hanya dapat diakses oleh internal yaitu admin. Dalam proses bisnisnya sales melakukan kunjungan langsung ke toko-toko, bila ada toko yang order maka sales memberikan form data customer dan mencatat pesanan/orderan lalu, menginformasikan dengan admin di kantor CV Dropboks. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun suatus Sistem Informasi Penjualan Peralatan Listrik Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Dengan Metode CRM di CV Dropboks Solo. Dengan adanya sistem tersebut pelannggan dapat memesan barang secara online, pelanggan dapat melihat gambar produk yang di tawarkan serta detail keterangan produk. Pada penelitian ini sistem dibangun dengan menggunakan metode pengembangan waterfall, kemudian analisis kelemahan sistem menggunakan PIECES, sedangkan metode permodelan data menggunakan UML serta penggambaran alur sistem yang berjalan menggunakan workflow dengan Use Case Diagram, Activity Diagram dan Class Diagram. Sistem diuji dengan menggunakan metode UAT (User Acceptance User) , bahasa pemrograman PHP MySQL. Hasil pengujian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa untuk STS = 0%, TS = 6 %, CS = 20 %, S = 40%, SS = 34% yang di peroleh dari perhitungan respon di bagi jumlah respon di kalikan 100%. Jadi jika dilihat dari hasil pengujian aplikasi, maka di dapatkan 40% responden setuju serta 34% sangat setuju atau sama dengan 74% menyetujui, sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem informasi ini sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem yang diharapkan mampu membantu mengatasi permasalahan dan kendala CV Dropboks Solo dalam melakukan pengelolaan data, pengelolaan pemesanan, dan pengelolaan pembayaran serta dalam membuat laporan. 
Institution Info

Universitas Duta Bangsa