Abstract :
Coffe shop adalah salah satu tempat favorit tanpa menghiraukan alasan
sebenarnya untuk mengunjungi coffe shop untuk sekedar mengobrol atau
mengerjakan tugas dan pelanggan akan membuat pesanan dan menunggu makanan
yang dipesan. Mereka dapat menawarakan banyak menu kepada penikmat kopi
akan tetapi ketika kafe kopi tersebut sudah ramai dikunjungi oleh para
pelanggan,seringkali pegawai kafe kopi tersebut kewalahan karena harus mencatat
menu makanan dan minuman yang dipesan oleh pelangan, apabila jika ternyata
menu yang dipesan tersebut habis, maka pegawai akan kembali ke meja palanggan
untuk memberi tahu bahwa menu yang dipesan sudah habis. Belum lagi ketika
tercatat menu yang double.
Kafe Kopi Kognitif merupakan salah satu dari kafe yang salah satu
dirokemdasikan dengan menyajikan tempt yang bagus. Dalam proses pemesanan
yang di kembangkan pada penelitian ini dibangun sistem informasi yang dapat
membantu proses transaksi pemesanan di kafe kopi kognitif untuk pelanggan ,
sehingga dapat berjalan efektif dan efisien.
Pada penelitian ini dibangun sistem informasi yang dapat membantu proses
pemesanan dan transaksi sehingga dapat berjalan dengan efektif dan efisiem.
Sistem yang dirancang menggunakan metode pengembangan waterfall. Pemodelan
sistem dengan menggunakan UML (Unifed Modeling language). Hasil akhir dari
yang telah dilakukan yaitu aplikasi website pemesanan dapat digunakan untuk
membantu mempermudah dalam proses penjualan dan promosi.