Abstract :
Tujuan dari pembuatan skripsi ini adalah untuk menghasilkan sistem kunjungan
perbaikan wifi.id Telkom Solo. Sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan perbaikan
wifi.id serta mempermudah pelanggan dalam menyampaikan keluhan jika layanan
internetnya bermasalah. Sistem aplikasi ini berbasis website menggunakan bahasa
pemrograman PHP dan MySql sebagai databasenya. Analisis yang dilakukan antara lain
adalah menganalisi sistem yang berjalan dan melakukan wawancara untuk memperoleh data
yang dibutuhkan.
Metode perancangan sistem menggunakan DFD, relasi antar tabel dan tampilan antarmuka
sistem aplikasi. Untuk pengujian sistem menggunakan metode black-box testing.Penulis
menganalisa dan membuat sistem Kunjungan Perbaikan wifi.id PT Telkom Akses melalui
beberapa tahapan yaitu tahap pengumpulan kebutuhan, desain aplikasi, mengkodekan sistem,
menguji sistem dan mengimplementasikan sistem.
Hasil dari pengujian menggunakan black-box testing yang dilakukan oleh pelanggan,
helpdesk, teknisi dan pimpinan dapat berjalan dengan normal dan dapat dipahami dengan
mudah.