DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN DURASI PENGGUNAAN GADGET DENGAN TINGKAT KECANDUAN DAN KEMAMPUAN BERSOSIALISASI ANAK PRESCHOOL DI TK VETERAN KALIBAGOR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Harapan Bangsa
Author
Hidesima, Cika Wanda
Subject
Keperawatan 
Datestamp
2022-09-22 02:46:02 
Abstract :
Gadget pada saat ini sudah menjadi tren dikalangan orang tua, dewasa, remaja, bahkan anak-anak. Durasi penggunaan Gadget yang lama akan berdampak buruk pada kemampuan bersosialisasi dan akan mengalami kecanduan. Durasi menggunakan gadget yang baik bagi anak preschool yaitu kurang dari 30 menit/ hari, bila lebih dari waktu tersebut anak akan cenderung mendapatkan pengaruh yang tidak baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara durasi penggunaan gadget dengan kemampuan bersosialisasi dan tingkat kecanduan anak preschool di TK Veteran Kalibagor. Jenis penelitian menggunakan metode deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 orang tua/ wali siswa yang menggunakan gadget setiap hari yang diambil secara purposive sampling. Data diambil menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan uji statistik chi square. Hasil penelitian menunjukan anak yang memiliki durasi penggunaan gadget rendah sebanyak 41,1%, tinggi 58,9%, kemampuan bersosialisasi baik sebanyak 42, 9%, kurang baik 57,1%, tidak kecanduan gadget sebanyak 39,3%, dan kecanduan gadget 60,7%. Ada hubungan antara durasi penggunaan gadget dengan kemampuan bersosialisasi anak preschool di TK Veteran Kalibagor dan ada hubungan durasi penggunaan gadget dengan tingkat kecanduan anak preschool di TK Veteran Kalibagor ( p value = 0,023; p value = 0,006). 
Institution Info

Universitas Harapan Bangsa