DETAIL DOCUMENT
GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT EMANUEL BANJARNEGARA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Harapan Bangsa
Author
Sayoko, Eko
Subject
Keperawatan 
Datestamp
2021-10-25 09:21:26 
Abstract :
Eko Sayoko, Tri Sumarni, Atun Raudotul Ma?rifah Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Emanuel Banjarnegara Purwokerto, 2018 xiii + 59 halaman + 18 tabel + 2 gambar + 10 lampiran ABSTRAK Latar belakang: Instalasi Gawat Darurat (IGD) merupakan unit dengan layanan cepat. Di bagian IGD kepuasan pasien sangat tergantung dengan peran perawat yang paling sering berinteraksi dengan pasien. Belum ada penelitian tentang tingkat kepuasan pasien di IGD RS Emanuel. Tujuan: Untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien di IGD RS Emanuel Banjarnegara Metode: Penelitian kuantitatif potong lintang di IGD RS Emanuel bulan April-Mei 2018 menggunakan kuesioner Consumer Emergency Care Satisfaction Scale (CECSS). Pengambilan sampel secara insidental. Hasil: Subyek penelitian terdiri dari 100 responden. Rerata skor masing-masing skala didapatkan 3,85±0,52 untuk pernyataan teaching; 4,03±0,32 untuk pernyataan caring. Terdapat 98 (98%) responden yang puas. Pada laki-laki didapatkan 46 (95,8%) pasien yang puas; sedangkan pada perempuan semua mengatakan puas yaitu sebesar 52 (100%) pasien. Kesimpulan: Tingkat kepuasan pasien atas pelayanan keperawatan di IGD RS Emanuel sebesar 98 (98%) puas. Kata kunci: kepuasan pasien-IGD 
Institution Info

Universitas Harapan Bangsa