Abstract :
Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam pemberian pelayanan kesehatan. Komunikasi yang baik antara perawat dan pasien dapat meningkatkan kepuasan pasien. Instalasi Gawat Darurat memiliki kondisi yang khas yaitu arus pasien dan kepadatan pasien, sehingga komunikasi yang baik akan sangat membantu perawat dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien terutama pasien gawat darurat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara komunikasi terapeutik terhadap kepuasan pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional dengan metode kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 100 pasien Instalasi Gawat Darurat RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara dengan teknik pengambilan sampel yang dipakai adalah non probability sampling dan metode accidental sampling. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2017 sampai dengan Juni 2018. Teknik analisis yang digunakan adalah univariat dengan distribusi frekuensi dan tabulasi silang sedangkan analisis bivariat menggunakan chi-square. Penelitian ini menghasilkan uji univariat pelaksanaan komunikasi terapeutik masuk dalam kategori baik serta kepuasan pasien masuk dalam kategori baik. Hasil uji bivariat menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara komunikasi terapeutik terhadap kepuasan pasien (p-value 0,009 < 0,05) Kesimpulan dari penelitian ini adalah komunikasi terapeutik berpengaruh terhadap kepuasan pasien.