DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR KOGNITIF ANAK USIA PRE-SCHOOL DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SIDABOWA KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS
Total View This Week0
Institusion
Universitas Harapan Bangsa
Author
Tresnowati, Sonia
Subject
Keperawatan 
Datestamp
2021-10-26 08:54:54 
Abstract :
Sonia Tresnowati, Murniati, Roro Lintang Suryani Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Kognitif Anak Usia Pre-school Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sidabowa Kecamatan Patikraja Tahun 2018 xviii+70 halaman+7 tabel+5 gambar+11 lampiran ABSTRAK Prestasi belajar merupakan sesuatu yang dibutuhkan seseorang untuk mengetahui kemampuan setelah melakukan kegiatan yang bersifat belajar. Prestasi belajar dapat diamati pada anak usia 3 sampai 6 tahun (usia pre-school). Salah satu prestasi belajar yang dapat diamati pada anak usia pre-school adalah prestasi belajar kognitif. Beberapa faktor lingkungan dapat mempengaruhi prestasi belajar kognitif anak usia pre-school salah satunya adalah pola asuh orang tua karena penerapan pola asuh yang berbeda menyebabkan prestasi belajar yang diperolehpun berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar kognitif anak usia pre-school di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sidabowa Kecamatan Patikraja. Jenis penelitian yang digunakan adalah corelation study dengan pendekatan cross sectional dengan sampel sebanyak 40 orang tua dan 40 peserta didik yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitiaan ini yaitu kuesioner dan studi dokumentasi dengan nilai rapor. Uji statistik yang digunakan yaitu distribusi frekuensi dan kolmogorv smirnov. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa pola asuh yang paling dominan diterapkan adalah pola asuh demokratis sebanyak 65%. Peneliti juga menemukan adanya hubungan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar kognitif anak usia pre-school di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sidabowa (?= 0.002). Keyword: pola asuh orang tua, prestasi belajar, kognitif 
Institution Info

Universitas Harapan Bangsa