Abstract :
Prosedur penanganan pasien secara cepat dan tepat dengan pemilahan pasien disebut dengan triage. Penanganan pasien secara cepat dan tepat dapat meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit dan meningkatkan kepuasan pasien. Penilaian IKM untuk IGD RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara mengalami peningkatan dari 75,27% menjadi 78,39% pada tahun 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pelaksanaan triage di Instalasi Gawat Darurat dengan kepuasan pasien RSUD Hj. Anna Lasmanah secara keseluruhan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan cross sectional dengan metode penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 194 pasien IGD yang dipilih dengan teknik pengambilan sampel non probability sampling dengan metode purposive sampling. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2017 sampai dengan Agustus 2018. Teknik analisis yang digunakan adalah univariat dengan distribusi frekuensi dan tabulasi silang, sedangkan analisis bivariat dengan menggunakan rank spearman.
Hasil uji univariat menunjukan bahwa pelaksanaan triage di Instalasi Gawat Darurat masuk dalam kategori baik dan kepuasan pasien dalam kategori baik. Hasil uji bivariat menunjukan menghasilkan sebesar nilai koefisien 0,274 dan ?-value0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pelaksanaan triage di Instalasi Gawat Darurat RSUD Hj. Anna Lasmanah dengan kepuasan pasien.