DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN PERSEPSI PASIEN TENTANG PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUANG SERUNI RSUD PROF. DR. MARGONO SOEKARJO PURWOKERTO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Harapan Bangsa
Author
Andiningsih, Upi Bodrowati
Subject
Keperawatan 
Datestamp
2022-09-12 04:35:07 
Abstract :
Kepuasan pasien merupakan tingkat perasaan pasien yang timbul setelah membandingkan antara kenyataan dengan harapan pasien terhadap pelayanan keperawatan yang didapatkannya yaitu seperti yang tercermin dalam perilaku caring. Caring merupakan tindakan keperawatan yang dilakukan setiap hari secara terus menerus dengan rasa peduli serta tulus ikhlas terhadap masalah yang dihadapi pasien. Perilaku caring perawat sangat penting dalam memenuhi kepuasan pasien, hal ini menjadi salah satu indikator kualitas pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi pasien tentang perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien rawat inap di ruang Seruni RSUD. Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. Jenis penelitian yang digunakan adalah observasi analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap di ruang Seruni RSUD. Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 71 responden. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden (59,2%) menyatakan bahwa perawat mempunyai perilaku caring baik dan sebagian besar responden (63,4%) merasa puas selama menjalani perawatan di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. Berdasarkan hasil uji statistik dengan uji Chi Square diperoleh nilai signifikan p value 0.000 < nilai ? 0.05, yang berarti ada hubungan antara persepsi pasien tentang perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien rawat inap di ruang Seruni RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. 
Institution Info

Universitas Harapan Bangsa