Institusion
Universitas Harapan Bangsa
Author
SEJATI, ANGGIT MUGI PRASETYA
Subject
Keperawatan
Datestamp
2022-09-07 03:44:37
Abstract :
Keberhasilan siswa dalam mempelajari suatu materi pelajaran terletak
pada kemampuan mereka (pembelajar) mengelola belajar, kondisi belajar, dan membangun struktur kognitifnya pada bangunan pengetahuan awal, serta mempresentasikannya kembali secara benar. Siswa yang menyadari bahwa belajar merupakan suatu alat untuk mencapai beberapa tujuan yang dianggapnya penting, dan bila siswa melihat bahwa hasil dari pengalaman belajarnya akan membawa kemajuan pada dirinya. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa SI Keperawatan Angkatan 2013
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Bangsa Purwokerto.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian korelasional dengan
pendekatan cross sectional. Sampel yang diteliti yaitu motivasi belajar dan
prestasi belajar sebanyak 128 mahasiswa dengan Total sampling. Pengambilan data dilakukan secara manual pada mahasiswa. Analisis data penelitian menggunakan uji Rank Spearman.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa latar belakang
pendidikan mahasiswa SI Keperawatan Angkatan 2013 Sekolah Tinggi Ilmu
Kesehatan Harapan Bangsa Purwokerto sebagian besar berlatar belakang
pendidikan SMA yaitu 98 orang (76,6%) dan berjenis kelamin perempuan yaitu 76 orang (59,4%). Motivasi belajar sebagian besar pada kategori sedang yaitu 75 orang (58,6%). Prestasi belajar pada aspek kognitif sebagian besar pada kategori sangat memuaskan yaitu 87 orang (68,0%) dan paling sedikit pada kategori kurang yaitu 7 orang (5,5%). Prestasi belajar pada aspek afektif sebagian besar pada kategori baik yaitu 104 orang (81,3%) dan paling sedikit pada kategori kurang yaitu 4 orang (3,1%). Ada hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar (kognitif) mahasiswa (p = 0,007). Ada hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar (afektif) mahasiswa (p = 0,000).