DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH YANG MENGIKUTI PAUD DAN TIDAK MENGIKUTI PAUD DI DESA BANJAR SARI KIDUL KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2015
Total View This Week0
Institusion
Universitas Harapan Bangsa
Author
KARTA, EGI
Subject
Keperawatan 
Datestamp
2022-09-02 03:06:06 
Abstract :
Perkembangan anak meliputi perkembangan motorik, bahasa, dan keterampilan sosial secara progresif terjadi saat anak memasuki usia prasekolah (3-6 tahun). Banyak faktor dapat mempengaruhi perkembangan anak seperti faktor herediter, dan lingkungan. Salah satu faktor lingkungan adalah lingkungan sekolah dan untuk anak prasekolah lingkungan sekolah adalah PAUD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan perkembangan anak prasekolah yang mengikuti PAUD dan tidak mengikuti PAUD di Desa Banjar Sari Kidul, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas Tahun 2015. Jenis penelitian adalah comparative study dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar Denver Development Screening Test (DDST) dan DDST kit. Jumlah Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 14 anak PAUD dan 14 anak yang tidak mengikuti PAUD. Analisa statistik menggunakan Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan anak prasekolah yang mengikuti PAUD sebagian besar dalam kategori normal ( 12 responden atau 85,7%), sedangkan perkembangan anak prasekolah yang tidak mengikuti sebagian besar mengalami suspect atau curiga adanya gangguan perkembangan ( 10 responden atau 71,4%). Hasil uji statistik dengan uji Chi Square didapatkan ?-value (0,002<0,05). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada perbedaan yang signifikan perkembangan anak prasekolah antara yang mengikuti PAUD dan tidak mengikuti PAUD di Desa Banjar Sari Kidul Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas Tahun 2015 
Institution Info

Universitas Harapan Bangsa