Abstract :
Latar Belakang: Diharapkan pada akhir tahun 2015, mayoritas pendidikan perawat yang ada di rumah sakit sudah memenuhi kriteria minimal sebagai perawat yang profesional yaitu lulusan S Kep,.Ners. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi mahasiswa melanjutkan program pendidikan profesi ners di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Bangsa Purwokerto diantaranya faktor minat dan faktor lingkungan.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi mahasiswa melanjutkan program pendidikan profesi ners di STIKes Harapan Bangsa Purwokerto.
Metode: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional.
Pengambilan sampel menggunakan tehnik total sampling. Responden dalam penelitian ini 129 mahasiswa angkatan 2011/2012. Data diambil dengan menggunakan kuisioner.
Analisa data menggunakan analisis uji statistik Chi Square.
Hasil: Hasil analisis menunjukan bahwa faktor yang mempengaruhi motivasi mahasiswa melanjutkan ke program pendidikan profesi ners adalah faktor minat ( p=0,000 ) dan faktor lingkungan ( p=0,000 ). Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan
bahwa ada hubungan faktor minat dan faktor lingkungan dengan motivasi mahasiswa melanjutkan program pendidikan profesi ners.