DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BPJS DAN NON BPJS DI POLI PENYAKIT DALAM RSUD dr. R. GOETENG TAROENADIBRATA PURBALINGGA TAHUN 2015
Total View This Week0
Institusion
Universitas Harapan Bangsa
Author
SARI, LILIAN ROFIANA
Subject
Keperawatan 
Datestamp
2022-09-07 02:55:38 
Abstract :
Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) merupakan progam kesehatan masyarakat yang sedang di upayakan oleh pemerintah guna meningkatkan sistem jaminan kesehatan nasional. Program ini merupakan peralihan dari berbagai jaminan kesehatan yang sudah berjalan saat ini selain Non Jaminan atau Non BPJS. Dengan adanya program kesehatan yang baru diharapkan tingkat kepuasan pasien yang menggunakan BPJS sama dengan kepuasan pasien Non BPJS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan comparative study yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan tingkat kepuasan pasien pengguna BPJS dan Non BPJS. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Quota sampling dan diperoleh responden berjumlah 56 orang dengan perincian 28 responden BPJS dan 28 responden Non BPJS. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan uji Mann Whitney (U). Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya perbedaan antara kepuasan pasien pengguna BPJS dan Non BPJS di poli penyakit dalam hal ini dibuktikan dengan nilai p = 0.000 > ?= 0.05. 
Institution Info

Universitas Harapan Bangsa