DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI DI SD NEGERI MANDALA 03 KECAMATAN CIMANGGU KABUPATEN CILACAP
Total View This Week0
Institusion
Universitas Harapan Bangsa
Author
ROSTIKAWATY, INTAN DWI
Subject
Keperawatan 
Datestamp
2022-09-06 07:40:54 
Abstract :
Gizi merupakan salah satu faktor penentu utama kualitas sumber daya manusia. Status gizi yang baik akan mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan anak, salah satunya dapat meningkatkan kemampuan intelektual yang akan berdampak pada prestasi belajar di sekolah. Presentase gizi kurang di Indonesia sebesar 13%, gizi buruk sebesar 4,9%, anak pendek sebesar 17,1%, anak sangat pendek 18,5%, underweight sebesar 17,9%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar siswa kelas VI di SD Negeri Mandala 03 Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan pendekatan cross sectional, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling sebanyak 34 responden. Analisa data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat dengan uji Spearman Rank. Hasil uji Spearman Rank menunjukkan tidak ada hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar siswa kelas VI di SD Negeri Mandala 03 Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap, dengan p value=0,712, adalah lebih besar (? > 0,05), artinya Ho diterima dan Ha ditolak. Prestasi belajar siswa kelas VI di SD Negeri Mandala 03 Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap tidak hanya dipengaruhi oleh status gizi namun dapat dipengaruhi oleh faktor lain seperti dengan meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam proses belajar sehingga dengan menumbuhkan minat dan motivasi belajar yang baik, maka prestasi belajar akan tumbuh dalam diri siswa ini. 
Institution Info

Universitas Harapan Bangsa