DETAIL DOCUMENT
GAMBARAN PERILAKU BULLYING PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SDN 7 PANGEBATAN KABUPATEN BREBES TAHUN 2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Harapan Bangsa
Author
Azza, Fiqqi Arsyadani
Subject
Keperawatan 
Datestamp
2022-09-01 03:23:11 
Abstract :
Sekolah menjadi lingkungan pada siswa atau murid dalam proses untuk berinteraksi sosial secara langsung dengan teman sebaya atau guru. Masalah yang sering muncul salah satunya adalah tentang bullying. Terdapat empat jenis bullying, yakni bullying fisik, bullying verbal, bullying non-verbal langsung, dan bullying non-verbal tidak langsung. Perilaku bullying ini dapat memberikan efek negatif pada korban maupun pelaku. Bullying tidak hanya menyebabkan munculnya masalah perilaku tetapi juga masalah emosi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perilaku bullying pada anak sekolah dasar di SDN 7 Pangebatan Kabupaten Brebes. Desain penelitiannya adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampel yang digunakan adalah total sampling, sampel penelitian ini adalah siswa dan siswi SD kelas 4-5 di SDN 7 Pangebatan Kabupaten Brebes tahun 2019 sebanyak 41 siswa. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisa statistik menggunakan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar usia responden adalah 10 tahun (51,2%) dan sebagian besar responden berjenis kelamin perempuan (61%). Sebagian besar perilaku bullying adalah sedang (53,7%), sebagian besar perilaku verbal bullying adalah sedang (68,3%), sebagian besar perilaku physical bullying adalah sedang (56,1%) dan seluruh perilaku cyber bullying dalam kategori rendah sebanyak 41 responden (100%). 
Institution Info

Universitas Harapan Bangsa