Abstract :
Kecerdasan majemuk merupakan sebuah penilaian secara deskriptif
bagaimana individu menggunakan kecerdasannya untuk memecahkan
masalah dan menghasilkan sesuatu. Pendidikan merupakan segala
pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala lingkungan dan
sepanjang hidup. Pendidikan juga dapat diartikan sebagai pengajaran yang
diselenggarakan di sekolah sebagai lembaga pendidikan formal. Orang tua
merupakan pendidik yang utama bagi anak-anaknya, dan yang sangat
berperan penting dalam mengasuh dan mendidik seorang anak ialah ibu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Tingkat
Pendidikan Orang Tua Dengan Perkembangan Kecerdasan Majemuk Anak
Usia Prasekolah Di TK Tunas Beringin 2 Desa Rowokele Kecamatan
Rowokele Kabupaten Kebumen.
Jenis penelitian ini menggunakan analitic correlational dengan
pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling sebanyak 24 responden. Data diambil menggunakan lembar data demografi dan multiple intelligence test. Analisa data menggunakan uji Spearman Rank.
Hasil penelitian uji Spearman Rank dengan taraf signifikan 0,05
diperoleh nilai P=0,009 sehingga P<0,05 dan dinyatakan Ho ditolak. Dari
hasil analisa data tersebut maka dapat ditarik kesimpulan ada hubungan
antara tingkat pendidikan orang tua dengan perkembangan kecerdasan
majemuk anak usia prasekolah di TK Tunas Beringin 2 Desa Rowokele
Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen.