DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN KEMATANGAN SOSIAL ANAK PRASEKOLAH ANTARA TK UMUM DENGAN TK SEKOLAH ALAM DI KECAMATAN BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Harapan Bangsa
Author
LUSIANA, PUPUT NELLA
Subject
Keperawatan 
Datestamp
2022-08-29 02:42:40 
Abstract :
Lingkungan sekolah turut memberikan peranan penting terhadap kematangan sosial anak. Kurikulum yang diterapkan pada sekolah alam berbeda dari sekolah umum. Sekolah alam menekankan konsep alam dalam proses belajar sedangkan sekolah umum metode belajar dan bentuk penilaian menimbulkan suasana persaingan yang ketat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kematangan sosial anak prasekolah antara TK umum dengan TK sekolah alam di Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah komparatif deskriptif. Pendekatan penelitian menggunakan observasi dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini semua anak yang berusia 3-6 tahun. Hasil penelitian adalah Responden TK umum memiliki kematangan sosial pada kategori sangat tinggi sebesar 43,3%. Responden pada TK sekolah alam memiliki kematangan sosial pada kategori sangat tinggi sebesar 66,7%. Kesimpulan penelitian terdapat perbedaan kematangan sosial anak prasekolah antara TK umum dengan TK sekolah alam di Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas Tahun 2013. 
Institution Info

Universitas Harapan Bangsa