DETAIL DOCUMENT
PERBEDAAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH DI LINGKUNGAN BERMAIN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DAN DI LINGKUNGAN BERMAIN NON PAUD DI KECAMATAN KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS
Total View This Week0
Institusion
Universitas Harapan Bangsa
Author
HAYANTY, RINA
Subject
Keperawatan 
Datestamp
2022-08-26 07:15:31 
Abstract :
Pendidikan Anak Usia Dini atau disingkat PAUD adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Sedangkan pengasuhan anak dikeluarga umumnya berlangsung dalam lingkungan yang bersifat melindungi anak. Akibatnya akan menjadikan anak menjadi kurang reaktif dan bersifat menunggu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan perkembangan sosial anak usia prasekolah di lingkungan bermain PAUD dan di lingkungan bermain non PAUD di kecamatan Kalibagor kabupaten Banyumas. Desain penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif dengan pendekatan comperative. Sampel menggunakan teknik total sampling. Didapatkan 40 responden. Penelitian ini menggunakan uji Mann Whitney U. Dari hasil penelitian pada anak yang merupakan siswa PAUD sebagian besar perkembangan sosial anak pada kategori baik sebanyak 14 responden (70%) dan pada anak yang bukan merupakan siswa PAUD sebagian besar perkembangan sosial anak pada kategori kurang sebanyak 9 responden (45%). Setelah dilakukan uji mann Whitney didapatkan hasil signifikan P= 0.000. Ha diterima. Ada perbedaan perkembangan sosial anak usia prasekolah di lingkungan bermain PAUD dan di lingkungan bermain non PAUD di kecamatan Kalibagor kabupaten Banyumas. 
Institution Info

Universitas Harapan Bangsa