Abstract :
Anak dilahirkan belum bersifat sosial. Anak-anak belum
memiliki kemampuan untuk bergaul dengan orang lain terutama pada lingkungan sekitarnya, untuk mencapai kematangan sosial, anak harus belajar tentang caracara
menyesuaikan diri dengan orang lain dan lingkunganya. Kemampuan ini diperoleh anak melalui berbagai kesempatan atau pengalaman bergaul dengan orang-orang yang ada di lingkungan sekitarnya, baik orang tua, saudara-saudara,
teman sebaya atau orang dewasa lainnya. Tujuan : untuk mengetahui hubungan pola asuh ibu dengan perkembangan personal sosial anak prasekolah Metode penelitian : Desain penelitiannya adalah deskriptif dengan jenis penelitian studi
literature review. Proses pemilihan artikel ditentukan sesuai dengan kriteria inklusi. Metode strategi pencarian untuk mendapatkan jurnal menggunakan kata kunci ?(?pola asuh?, ?perkembangan anak? DAN ?anak prasekolah)? Hasil
penelitian dari hasil penelusuran 10 jurnal diketahui bahwa karakteristik responden menyatakan bahwa semua pola asuh ibu mempengaruhi perkembangan personal sosial anak.