DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA S 1 KEPERAWATAN SEMESTER IV DI UNIVERSITAS HARAPAN BANGSA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Harapan Bangsa
Author
Kurniawan, Nanang
Subject
Keperawatan 
Datestamp
2022-09-02 02:36:36 
Abstract :
Prestasi belajar yang memuaskan dapat diperoleh mahasiswa apabila mahasiswa tidak mudah menyerah dan pandai dalam mengatur waktu. Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh dua faktor utama yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang timbul dari dalam diri individu itu sendiri, diantaranya adalah minat bakat, dan motivasi. Motivasi belajar merupakan keseluruhan daya penggerak psikis dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa semester IV S1 Keperawatan di Universitas Harapan Bangsa. Penelitian ini menggunakan metode survei analitik dengan korelasi. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 keperawatan semester IV dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling sebanyak keseluruhan mahasiswa S1 Keperawatan semester IV sebanyak 89 mahasiswa di Universitas Harapan Bangsa. Analisis data menggunakan uji spearman rank. Hasil analisis didapatkan motivasi belajar pada mahasiswa keperawatan S1 semester IV di Universitas Harapan Bangsa yang paling dominan adalah motivasi sedang (43,8%), Prestasi belajar pada mahasiswa sebagian besar pada kategori baik (76,4%). Hasil analisis uji spearman rank bahwa terdapat hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar pada mahasiswa semester IV S1 Keperawatan di Universitas Harapan Bangsa dengan p value 0,032. 
Institution Info

Universitas Harapan Bangsa