DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PRODI SARJANA KEPERAWATAN DI UNIVERSITAS HARAPAN BANGSA TAHUN 2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Harapan Bangsa
Author
Nikmah, Nihayatun
Subject
Keperawatan 
Datestamp
2022-09-06 02:39:04 
Abstract :
Keberhasilan mahasiswa dalam proses belajar tidak hanya ditentukan oleh dosen namun ada faktor lain yang mempengaruhi salah satunya motivasi belajar. Motivasi belajar mempunyai faktor- faktor meliputi bakat, minat, sikap, perhatian, kematangan, kesiapan dan salah satunya kecerdasan siswa. Kecerdasan emosi berpengaruh terhadap motivasi belajar. Siswa yang mempunyai kecerdasan emosi lebih mampu dalam mengatasi masalah-masalah dan mampu mengatasi persoalan akademisi. Motivasi belajar yang tinggi hasil belajar dapat memuaskan, sebaliknya dengan motivasi yang rendah hasil belajar tidak akan memuaskan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan motivasi belajar mahasiswa Prodi Sarjana Keperawatan di Universitas Harapan Bangsa Tahun 2019. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pendekatan cross sectional, pada 116 responden yang dipilih dengan teknik total sampling. Data diambil dengan menggunakan kuesioner The Emotional Intelligence Scale (EIS) dan Motivated Strategies For Learning Questionnaire (MSLQ). Analisis data mengunakan uji statistic spearman rank. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebanyak 67,2% responden memiliki kecerdasan emosional yang baik, dan sebanyak 59,5% responden memiliki motivasi belajar yang tinggi, Terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar dengan interprestasi hubungan positif semakin baik kecerdasan emosional maka semakin tinggi motivasi belajar pada mahasiswa (p value 0,0001) (correlation coefficient 0,359). 
Institution Info

Universitas Harapan Bangsa