DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN KINERJA PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RSUD dr. R. GOETENG TAROENADIBRATA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Harapan Bangsa
Author
Agrianti, Wenny
Subject
Keperawatan 
Datestamp
2022-09-01 02:01:31 
Abstract :
Kinerja perawat merupakan salah satu pemberi pelayanan kesehatan yang mempengaruhi kepuasan pasien. Survey kepuasan pasien, ada tiga hal yang mungkin muncul dari pengukuran kinerja perawat yaitu kinerja sama dengan harapan pasien, kinerja lebih besar dari harapan pasien, atau kinerja lebih kecil dari harapan pasien. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis hubungan kinerja perawat dengan kepuasan pasien di RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga Tahun 2019. Penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah 50 perawat untuk pengukuran kinerja perawat dan 50 pasien untuk pengukuran kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil Analisis dari 50 responden perawat dinyatakan kinerja perawat baik sebanyak 38 orang (76,0%) dan dari 50 responden pasien ada 41 orang (82,0%) yang menyatakan puas. Analisis bivariat menggunakan uji korelasi Spearman Rank (a=0,05). Hasil penelitian menunjukkan nilai p-value 0,014 (Sig. < 0,05) dengan correlation coefficient 0,346. Kesimpulannya ada hubungan antara kinerja perawat dengan kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Kabupaten Purbalingga dengan keeratan hubungan rendah. 
Institution Info

Universitas Harapan Bangsa