DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE AUDIO VISUAL TENTANG CUCI TANGAN TERHADAP PENGETAHUAN CUCI TANGAN YANG BAIK DAN BENAR PADA ANAK SEKOLAH DASAR NEGERI TUNJUNG KULON KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS
Total View This Week0
Institusion
Universitas Harapan Bangsa
Author
Febiyanti, Fitri
Subject
Keperawatan 
Datestamp
2022-09-14 07:10:07 
Abstract :
Anak usia sekolah memiliki kebiasaan mencuci tangan yang kurang benar, seperti mencuci tangan tanpa sabun ataupun mencuci tangan menggunakan sabun namun mereka terburu-buru. Kebiasaan ini kurang baik dalam menerapkan perilaku higienis pada anak usia sekolah. Tujuan penelitian yaitu mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan metode audio visual tentang cuci tangan terhadap pengetahuan cuci tangan yang baik dan benar pada anak di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre experimental with one grup pre and posttest without control grup design. Penelitian ini sampel dipilih peneliti menggunakan teknik total sampling sebanyak 19 siswa. Data dianalisis dengan menggunakan uji t paired t test. Hasil uji statistik menunjukkan sebagian besar responden sebelum diberikan pendidikan kesehatan tingkat pengetahuan dalam kategori cukup sebanyak 11 responden (57,9%) sesudah baik sebanyak 16 responden (84,2%). Uji paired t test diperoleh (p 0,000), artinya ada pengaruh pendidikan kesehatan metode audio visual tentang cuci tangan terhadap pengetahuan cuci tangan yang baik dan benar pada anak di Sekolah Dasar. Kesimpulan yaitu ada pengaruh pendidikan kesehatan metode audio visual tentang cuci tangan terhadap pengetahuan cuci tangan yang baik dan benar pada anak di Sekolah Dasar Negeri Tunjung Kulon Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas. 
Institution Info

Universitas Harapan Bangsa