DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN RESPONSE TIME PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RSUD dr. R. GOETENG TAROENADIBRATA PURBALINGGA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Harapan Bangsa
Author
Faozi, Arman Maolana
Subject
Keperawatan 
Datestamp
2022-09-01 08:50:45 
Abstract :
Latar Belakang : Response time merupakan kecepatan penanganan pasien oleh perawat yang dilakukan ?5 menit saat tibanya pasien di unit instalasi gawat darurat. Response time dengan penanganan kecepatan yang sudah berstandar dapat menjadi proses pelayanan yang baik di instalasi gawat darurat sehingga pasien dapat merasakan kepuasan dari pelayanan keperawatan. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan response time perawat dengan kepuasan pasien. Metode : Jenis penelitian menggunakan deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik quota sampling. Responden dalam penelitian sebanyak 51 pasien. Pengambilan data response time perawat menggunakan stopwatch dan observasi sedangkan kepuasan pasien menggunakan kuesioner brief emergency departement patient?s satisfaction scale. Analisis statistik menggunakan spearman rank. Hasil : Penelitian ini menunjukan hasil response time perawat cepat pada sebagian besar responden yaitu sebanyak 33 orang (64,7%) dan paling banyak responden memiliki tingkat puas yaitu sebanyak 20 orang (39,2%). Hasil analisis menunjukan nilai p value = 0,015 (p < 0,05), sehingga Ho ditolak. Kesimpulan : Terdapat hubungan response time perawat dengan kepuasan pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga. 
Institution Info

Universitas Harapan Bangsa